Selasa, 23 April 2013

Tugas IV Hukum Industri “10 Merk Produk yang Persis di Pasaran” dan hak merek

TUGAS HUKUM INDUSTRI
“10 Merk Produk yang Persis di Pasaran”
1.  Merk biskuit KitKat dan KicKer


2.  Merk mobil mitsubishi danmitubishi

   

3.  Merk sandal Nike dan Nkie

4.   KFC dan KFG

 

5.  Merk battery SONY dan SQNY

  

6.  Merk deodorant Roxana dan Rexona


7.  Merk rokok Malioboro dan Marlboro


8.  Merk game Playstation dan Polystation


9.  Merk handphone Blueberry dan Blackberry

    
10.              Merk handphone Sony Ericsson dan Sqny Ei icsson


Analisis produk merk Blackberry dengan Blueberry
Produk ini memiliki kesamaan dalam visual maupun tulisan dan merk serta fungsinya. BlackBerry atau sering disingkat BB adalah sebuah smartphone buatan Research In Motion (RIM), yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms (Short Message Servive), menjelajah internet, serta menyediakan software Messenger built-in. BlackBerry merupakan perangkat yang sama dengan Blueberry, bisa menjalankan fungsi dasar untuk telepon dan sms dan BBM, yang membedakannya dengan Blueberry hanyalah Operating system pada BlackBerry yang merupakan Operating System (OS) berbasis Java buatan RIM (vendor BlackBerry) dengan koneksi GPRS, EDGE, dan 3G. Selain itu, jika pada Blueberry untuk membuka e-mail ke inbox harus dilakukan secara manual atau harus menginstal aplikasi tertentu, namun dengan BlackBerry, e-mail muncul secara otomatis, seperti pengiriman SMS, e-mail di BlackBerry akan muncul beberapa saat setelah dikirimkan. Perbedaan lainnya yang merupakan keunggulan BlackBerry terdapat dalam kemampuan memperkecil ukuran e-mail yang masuk ke inbox, perbandingan dengan e-mail Blueberry adalah 1:100, jadi e-mail yang dikirim dengan ukuran 1000Kb dapat dibaca di BlackBerry dalam ukuran 10Kb. Selain itu kapasitas e-mail dalam BlackBerry bisa mencapai lebih dari 1000 e-mail tergantung kapasitas memori.

Sumber:


“HAK MEREK”

Lisensi Merek Dagang Blackberry

Panduan Pencitraan Merek BlackBerry® (“Panduan”) ini berlaku untuk operator berlisensi, distributor, pengecer dan pihak berlisensi lainnya untuk menggunakan merek dagang, nama penjualan, merek layanan, logo atau gambar visual (bersama-sama disebut dengan “Merek RIM”) dari Research In Motion® (RIM). Perjanjian lisensi yang Anda tanda tangani bersama RIM® ini dibatasi untuk produk atau layanan tertentu. Secara umum, lisensi Anda untuk dapat menggunakan Merek RIM ini ada kaitannya dengan penjualan smartphone dan/atau tablet BlackBerry. Panduan ini berlaku untuk penggunaan Merek RIM untuk kedua produk, smartphone, dan tablet. Merek RIM terbagi menjadi dua grup: merek RIM (lihat bagian 2-3 di bawah) dan logo RIM (lihat bagian 4 di bawah). Anda hanya diizinkan menggunakan logo RIM apabila telah disebutkan secara tegas di dalam perjanjian. Apabila lisensi merek dagang tidak termasuk dalam perjanjian Anda dengan RIM, Anda dilarang menggunakan logo RIM tanpa izin tegas secara tertulis dari perwakilan resmi Komunikasi Pemasaran RIM.
Menurut Panduan Umum Penggunaan Merek Dagang RIM yang dapat ditemukan di www.blackberry.com/ publicguidelines, Anda dapat menggunakan merek kata dan Gambar Visual Produk RIM (lihat bagian 5 di bawah) sebagaimana yang diarahkan. Sebagai pengguna yang berlisensi, Anda harus mematuhi Panduan ini. Panduan ini berlaku untuk semua materi dan komunikasi melalui ("material") media apa pun dengan Merek RIM (kalimat merek dan logo). Anda harus memastikan bahwa semua personel bertanggung jawab untuk memproduksi material yang mematuhi Panduan ini. Semua materi yang menggunakan Merek RIM harus ditinjau dan disetujui terlebih dahulu oleh divisi Komunikasi Merek RIM. Pastikan minimal lima (5) hari kerja untuk pelaksanaan proses peninjauan. Harap kirimkan semua materi dan ajukan pertanyaan tentang penggunaan Merek RIM kepada divisi Komunikasi Merek RIM (brand@rim.com).

Sumber:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar